Friday, June 16, 2017

6 Rutinitas Pagi Menurut Buku The Miracle Morning

Posted by Lendy Kurnia Reny at 6:40 AM

Asssalamu`alaykum,

Holaa, book lovaa...
Suka punya kebiasaan apa niih di pagi hari?

Langsung buka HP?
Buka lepi?
Atau streching dulu?



Kehidupan yang baik diawali dari pagi hari. Maka berhentilah menekan tombol "tunda" pada alarm diri sendiri. Bergegaslah bangun pagi, karena mereka yang malas bangun pagi adalah orang-orang yang tidak memiliki tujuan dalam hidup.

Bayangkan jika Anda punya tujuan yang jelas di hari itu. Bukankah Anda akan bangun dengan segera dan semangat
Jika hari ini hari raya, apakah Anda akan menunda bangun pagi?
Jika hari ini hari spesial, masihkah Anda malas bangun pagi?


Judul buku : The Miracle Morning
6 Habits That Will Transform Your Life



Apakah sahabat pernah lelah di hari spesial? 
Hari dimana berapa jam pun sahabat tidur, maka akan bangun dalam keadaan ceria dan segar. 

Maka berhentilah berkata "hari ini melelahkan, pasti besok saya bangun dalam keadaan lelah".


Cara meningkatkan level motivasi bangun pagi :

1. Afirmasi sebelum tidur "besok saya bangun dalam keadaan segar"
2. Simpan alarm di ruangan yang berbeda dengan kamar tidur. 
Sehingga kita akan perlu benar-benar bangun dari tempat tidur untuk mematikannya.
3. Begitu sudah terbangun, minum segelas air untuk merehidrasi tubuh.
4. Gosok gigi. 
Agar memberi sensasi kesegaran dalam diri.


Jika menginginkan kehidupan yang sukses dan bermakna, maka rutinitas pagi adalah tempat memulai yang tepat. Karena sebagian besar milyuner dan orang-orang sukses menyelesaikan banyak hal sebelum sarapan mereka dimulai. Mereka tidak hanya bangun lebih pagi, mereka juga memiliki kebiasaan-kebiasaan yang menjadi pondasi kesuksesan mereka.



6 Rutinitas Pagi Yang Harus Dibiasakan ala Hal Elrod :

1. Diam. 
Meditasi.
Menenangkan pikiran.
Refleksi atas hal-hal yang disyukuri.
Berdo'a.

2. Afirmasi. 
Ulangi "mantra" (atau kata-kata) sukses.

Misal:
"saya orang yang disiplin dan teratur."



Tanyakan tiga hal: 
🔑 Apa yang benar-benar aku inginkan?
🔑 Mengapa aku menginginkannya?
🔑 Apa komitmen tindakan saya untuk mencapainya?

3. Visualisasi. 
Bayangkan kehidupan ideal yang sahabat inginkan.

❤ Ingin menjadi orang yang seperti apa?
❤ Ingin menjalani hidup yang seperti apa?
❤ Ingin melakukan hal apa saja?

4. Olahraga.
Olahraga ringan akan menyuplai oksigen yang cukup untuk tubuh. Sehingga tubuh dan pikiran akan menjadi segar dalam menjalani aktivitas seharian.

5. Membaca. 
Bacalah minimal 10 halaman. Ini hanya membutuhkan 10-20 menit. 
Bila kita konsisten melakukannya, kita akan menyelesaikan 3.650 halaman per tahun alias sekitar 18 judul buku setahunnya.

6. Menulis. 
Tuliskan pikiran dan perasaan Anda.

Hal Elrod mengajarkan minimal untuk menuliskan dua hal: 
Pembelajaran dan komitmen baru yang Anda dapatkan hari itu. 

Ini membantunya untuk tidak mengulang kesalahan yang sama dan lebih komit terhadap perubahan diri.




Enam rutinitas ini hanyalah ide dasar. Kita tentu dapat membuat versi kita sendiri dengan menambahkan aktivitas lain yang menurut kita penting.
Kita juga dapat memodifikasinya menjadi lebih ringkas. 

Misalnya:
1 menit meditasi
1 menit afirmasi
1 menit visualisasi
1 menit menulis
Membaca 1 halaman
Push up 2x


Berapapun ringkasnya, tidak masalah. Hal terpenting adalah kita memulainya. Ini adalah dedicated time untuk pertumbuhan diri.
Membuat komitmen 30 hari untuk membiasakan rutinitas pagi. 

10 hari pertama mungkin akan menjadi hari tersulit.

10 hari berikutnya akan lebih mudah, namun masih terasa asing.

10 hari terakhir, rutinitas pagi ini akan mulai menjadi bagian dari diri. 
dan Anda mulai menikmatinya.



Menyimak diskusi buku ini di channel Telegram kang Darmawan Aji membuat aku terpana. Karena sang penulis buku The Miracle Morning, Hal Elrod, mengalami kecelakaan dan divonis memiliki cacat otak permanen. Namun alih-alih menyesalinya dan hanya berharap semua baik-baik saja, Elrod mengambil tindakan. Sehingga pada akhirnya, ia berhasil mewujudkan apa yang dia impikan dan mencapai potensi terbaiknya.



Jadi,
Tetap mau jadi orang yang biasa-biasa saja dalam menjalani hidup padahal di dalam diri setiap manusia memiliki potensi hebat.





So,
How is your morning today?



Salam hangat,






14 comments:

Nathalia Diana Pitaloka said...

Wow, bisa mraktikkin ga ya...

Okti Li said...

Jadi penasaran sama penulis yg cacat otak itu kisah detailnya

Maya Siswadi said...

Waaah inspiratif banget ya Hal Elrod ini. Jadi penasaran pengen baca bukunya dan pengen baca kisahnya

Sandra Hamidah said...

Wah mantap punya blog buku, saya tipe males bikin akun byk hehe btw bukunya mantap jadi semangat pagi dan semoga bisa mengamalkan 6 kebiasaan baik tersebut

Lianny Hendrawati said...

Wah olahraga pagi ini yang belum dilakukan. Harus mulai mencoba meski cuma beberapa menit dulu kali ya.

Shona Vitrilia said...

aih mba, gimana ceritanya bisa punya buku keren2 begini??? pinjeeem lagiii... kirimin via jne donk XD

aku tuh emang kalau malam tidur keganggu pasti besok pagi harus dibayar. Salah yaa.. pinjem pinjem pinjem

Ira Guslina Duniabiza said...

Wah wah.m tips afirmasinya perlundicoba ya. Tapi bener sih. Kitabadalah representasi apa yg kita harapkan dan cita2kan. Sip sip noted mba

Aprillia Ekasari said...

Bukunya baguuuss :D
Emang enak ya bangun pagi mbak.
Pernah tu dang coba2 mbangkong gtu, eh kerjaannya jd mundur dan berantakan semua hehe

Eni Rahayu said...

Aaaakk... Tiap kali liat buku bagus selalu mupeng. Apalagi motivasi. Nice posting teh... Thx for sharing

mutie adnu said...

Kalau kegiatan itu rutin dilakukan pasti jadi mudah dan terbiasa ya mba,,, pengen punya bukunya... Noted mba

herva yulyanti said...

keren penulisny ini buktiin klo semua org jika punya kemauan bisa wujudin impiannya aku jg ga pgn biasa2 aja pgnnya warbiyasah hahhaha aamiin
setuju sama afirmasi positif teh

Dyah Prameswarie said...

Afirmasi positif memang perlu, terutama sial bangun dalam keadaan segar itu. Cobain, ah.

Vanisa Desfriani said...

wah, keren teh. sebenernya simpel ya tapi kok kadang kelupaan :D

Tian Lustiana said...

Keren banget nih rutinitas paginya, namun masalahnya sukar ya kalau dilakukan wkwkwk, suka lupa kalau saya mah

Post a Comment

 

Bacaan lendyagasshi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review