Wednesday, June 13, 2018

[Review Buku Anak] Sikat Gigimu, Shawn!

Posted by lendyagasshi at 1:52 AM
Bismillah,

Liburan lebaran 1439 H kali ini tergolong liburan terpanjang dalam sejarah. Hahaha...lebbai yaa??
Dulu, jaman belum punya anak, liburan panjang adalah hal yang paling dihindari, karena bosen banget di rumah, yang ketemunya sama mas, Ibu dan Babe. 

Baca juga

Emm, kalau mau keluar rumah, gak asik kalau sendiri. Pinginnya bareng temen se-gang. 

Namun,
berbeda cerita yaa..setelah mempunyai anak. Apalagi anak-anak kami saat ini sudah memasuki usia sekolah. Ai menginjak 7 tahun, yang tahun ini alhamdulillah naik kelas 2 SD sedangkan Hana, 5 tahun, TK B di RA Permana Asih.



Apa bedanya?

Awalnya, kami yang mantap ingin anak-anak home-schooling, hingga membeli beberapa media kit pembelajaran untuk anak usia dini di rumah, namun akhirnya menyerah karena beberapa hal yang masih dirasa belum kami kuasai. Seperti hal sederhana saja, komunikasi antar pasangan. Padahal itu hal yang paling dasar. Ada kalanya kami sebagai orangtua terbentur oleh jarak (karena suami bekerja based on project, kalau pas keluar kota, bisa seminggu full bolak-balik ke Jakarta atau kota lain). 

Jadi kami memutuskan untuk tetap menyekolahkan anak-anak ke sekolah yang sesuai dengan value keluarga dan tetap membeli buku sebagai ajang pembiasaan anak agar cinta membaca.


Buku andalan kami mengenai pembiasaan yang baik.
Rating usia : > 1 tahun

Buku ini terdiri dari 6 seri. Dan masing-masing judulnya mengisahkan tentang kehidupan hewan laut yang mungil dan lucu. Meskipun genrenya fantasi, tapi kami sangat menikmati ide ceritanya. Terasa sangat mudah untuk dipahami, meskipun bahasa aslinya buku ini berbahasa Inggris. Jadi, untuk yang anaknya sedang belajar membaca, buku ini tidak direkomendasikan. 


Judul : Brush Your Teeth, Shawn
Penulis : Arleen & Is Yuniarto
Genre : Fiksi
Jumlah halaman : 20 halaman
Penerbit : BIP

Kisah persahabatan hewan laut yaitu Shawn (si hiu yang memiliki gigi besar dan kuat), Octo (seekor gurita kecil yang mampu memegang 4 sikat gigi sekaligus dengan tentakelnya), Merry (seorang putri duyung yang memiliki senyuman cantik karena gigi-giginya yang putih), Fifi (seekor ikan kutu buku yang suka membaca) dan Stal (bintang laut pink pemalu).



Kelima sahabat ini senang mengadakan piknik. Masing-masing dari mereka menunjukkan kemahirannya dalam melakukan sesuatu hal. Seperti Octo, yang mahir juggling kue muffin dengan tentakelnya yang banyak, Merry menari dengan cantiknya, Fifi bermain bola bersama Merry dan Stal, bersembunyi karena malu.


Namun ada yang tertinggal.
Dimana Shawn, si hiu?


Ternyata sedari tadi, Shawn asyik mengunyah makanan manis. Permen, gulali, bahkan saat Fifi menghidangkan rumput laut sebagai hidangan saat piknik, Shawn tak lupa menambahkan gula-gula manis di atasnya.



Apa yang terjadi sahabat lendyagasshi?




Ya, buku cerita anak ini sangat menghibur dengan hikmah yang bisa disampaikan bahwa pentingnya sikat gigi setelah makan, terutama bila makanan yang dimakan adalah makanan manis.
Kalau tidak sikat gigi, bisa seperti Shawn, yang giginya berlubang dan harus diperiksa oleh dokter gigi.

Namun anak-anak juga tidak perlu takut dengan dokter gigi yaa...

Karena dokter gigi memberi perawatan yang baik untuk kesehatan gigi, agar tidak merasa sakit lagi. Selain itu, pentingnya tetap memerikasakan gigi secara berkala setiap minimal 6 bulan sekali.

Karena buku ini berbahasa Inggris, di akhir halaman terdapat mini-vocabulary yang mungkin bisa membantu anak mempelajari bahasa Inggris.


Untuk anak-anak, buku ini sangat sangat favorit. Rating yang saya berikan 9/10 bintang.
Gambar dan tulisannya cocok untuk anak usia dini.

Dan karena saat memiliki buku ini bukan dengan membeli, tapi hadiah dari kontes menulis untuk komunitas Sabumi. Bila ingin memesan, bisa menghubungi IG sabahat saya.

IG
@bumi.sikecil_bookstore



Bagaimana sahabat lendyagasshi?
Memiliki buku andalan di rumah?


Untuk kisah selanjutnya, in syaa Allah akan saya bahas lagi di blog ini yaa..



Salam hangat,




22 comments:

indah nuria Savitri said...

I love these books! my kids would definitely enjoy them..

Rita Asmaraningsih said...

Belajar melalui buku ini pastinya seru ya, soalnya buku ini menarik penuh ilustrasi bergambar, pasti menarik perhatian anak2..

BeautyAsti1 said...

Aku kebetulan lagi mencari cari buku bacaan anak nih mba, walau anakku masih 21 bulan tapi pengen tak bacakeun buku. Tfs nanti aku cek ig nya

anggraeni septi said...

Wah buku ini pas banget sama anakku yang lagi belajar sikat gigi. Kadang mau kadang enggak. Hmm melalui dongeng gini pasti bs memahami dampak kalo gk gosok gigi, seperti Shawn. Thx reviewnya mba Lendy. Selesai lebaran aku carinya di toko buku :)

Aprillia Ekasari said...

Wah lucu bukunya mbak, jd pengen beliin nih buat anak, sekalian buat belajar bahasa Inggris :D

Tuty Queen said...

Pengin beli buku ini jadinya setelah baca review mbak Lendy..ponakanku pasti sukaa.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Bagus-bagus ya bukunya, aku jadi pengen beli buat anakku. memberikan pelajaran lewat buku cerita ini termasuk gampang bikin anak-anak jadi mau. Karena terbukti dengan beberapa kali aku lakukan.

Nyi Penengah Dewanti said...

Entah kenapa buku anak-anak selalu membuat saya ceria, hiburan yang segar ditengah bacaaan orang dewasa heheheh

Lidya Fitrian said...

Anak-anak memang bisa belajar lebih cepat lewat buku, maksudnya anakku sih. Mereka suka baca buku-buku kay agini sejak kecil. WAktu mau mengajak ke dokter gigi juga jadi lebih berani setelah baca buku

Artha Amalia said...

Hihi jadi pengen beli buat Zril. Biar dia lihat gambar hiu yg suka gosok gigi. Zril udah mau sikat gigi, cuma masih ngawur caranya. Namanya juga masih setahun setengah. Hihi. Bukunya lucu yaaa. Melatih bahasa asing juga

Nathalia Diana Pitaloka said...

Saya dan jav juga suka buku2nya arleen... Tapi yg seri ini belum punya, menarik banget... Apalagi pakai bahasa inggris, bisa sekalian belajar juga :)

HM Zwan said...

Mbak, ini satu set atau sendiri sendiri ya. Kapan hari pernah lihat di online Shop, cuma kelewat terus lupa. Akhirnya nemu disini. Anakku suka banget hewan hewan, cek ig nya ah.. Makasih mbk

Andiyani Achmad said...

Baca buku cerita anak tentang sikat gigi bisa bikin anak tergerak buat rajin sikat gigi ya

Hikmah Khaerunnisa said...

Waahh lucu.. menarik nih buat bahan bacaan Nada biar lebih mudah diajak sikat gigi nya..

herva yulyanti said...

ih teteh mau beli apalagi in english karena Neyna tuh klo ngomong english ya saka inget :D

Hidayah Sulistyowati said...

Bukunya bisa jadi rekomendasi ponakanku belajar baca bahasa Inggris. Selama ini dia suka baca buku berbahasa Inggris sih, cuma baru koleksi 2 buah. Jadi sering dibaca ulang, kasihan juga

Tian Lustiana said...

Ku rekomendasiin ah ke adikku, asik nih bisa belajar sambil fun

Maria Soraya said...

Ini buku lamanya Mbak Arleen. Blio penulis produktif yg udah menulis banyak buku anak dan karya2nya bagus sering dapet penghargaan.

Pengin punya buku ini tapi udah lama gak ada di tobuk, Mbak. Cusss ah ke IG temannya.

Rosanna Simanjuntak said...

Dulu Yasmin paling suka juga buku dengan hard cover yang eye catching begini.

Ternyata memang buku anak kudu dirancang agar bisa menarik secara visual ya, agar menimbulkan keinginan membaca.

Biasanya pesan moral yang dititipkan lebih cepat diserap buah hati dan diingat sampai ke hati.

Salma Saputra said...

Wah mau ah punya bukunya. Anakku lagi suka baca buku seri perawatan diri. Hehehehe. Nyari ah bukunya

Myra Anastasia said...

Saya suka dengan buku anak zaman sekarang. Banyak yang ilustrasinya bagus-bagus. Bahkan meskipun anak-anak sudah mulai besar, saya masih suka lihat buku anak hanya untuk menyukai ilustrasinya

Alfinamatullah said...

Wah bagus nih buat hadiah ke ponakan .. Anakku mah sdh ga baca yg gini soalnya hehe..

Post a Comment

 

Bacaan lendyagasshi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review