Monday, April 13, 2020

Mira W : Suami Pilihan Suamiku

Posted by lendyagasshi at 1:46 AM
Bismillah,

Beberapa hari ini, semangat membacaku sedang tumbuh segar, hehhee...karena banyaknya e-book gratis yang dibagikan oleh beberapa penerbit dan abis nonton film Korea yang diadaptasi dari salah satu novel Haruki Murakami. Aku inget banget bahwa salah seorang blogger buku se-geng aku ada yang fans Haruki Murakami, kak Ipeh Alena. Tapi kayaknya, dia mah...semua genre novel dilahap deeh...salut aku.


Jadi karena motivasi itu, aku mulai membaca lagi. Yah, dimulai dari novel yang aku suka dan kenal betul gaya bahasanya, jadi gak banyak mikir, aku langsung ke iPusnas buat cari novelnya Mira W.



Judul : Suami Pilihan Suamiku
Penulis : Mira W
Jumlah Halaman : 264 halaman
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Jakarta, November 2009
ISBN 13 : 978-979-22-5026-8


Dalam keremangan senja
Dalam pelukan keheningan
Kau singgah dalam hidupku
Kau ketuk pintu hatiku

Ku telusuri jalan setapak
Kurambah belukar tak bertuan
Tapi bahkan ketika matahari tidak bersinar lagi
Siluetmu dalam keremangan senja
Selalu tersimpan di hatiku



Penampilan Kezia saat ini, setelah lulus dari akademi perhotelan di Swiss kemudian menyelesaikan bachelor degree di kota yang sama dan post graduate diploma di Paris, telah berubah total. Yang tadinya Kezia berbadan gemuk, serba rikuh dan introvert, kini telah menjadi Kezia yang anggun dan penuh percaya diri. 

Saat reuni SMA, Kezia bertemu kembali dengan teman-teman semasa sekolahnya dulu. Dan semua pangling dengan penampilan paripurna Kezia. 

"Aduuh...Kezia, kamu cantik banget."

Pujian yang terus di dengung-dengungkan teman-temannya, bahkan pria yang dulu menjadi impian Kezia pun turut memuji penampilannya, Indra Sakti Perkasa. Ia adalah anak basket idola seluruh gadis di SMA Kezia. Dan Indra pun gak pernah sembarangan memacari perempuan. Hanya yang terbaik, tercantik dan terkenal di sekolahnya yang bisa berdampingan dengan Indra.

Namun kini, lihat.... Bahkan Dewi, teman wanita yang dibawa Indra dibuat kesal karena pandangan Indra gak beralih dari Kezia. Indra masih saja sibuk mengingat-ingat Kezia zaman SMA.

"Kok bisa aku melewatkan wanita secantik ini di hadapanku?" 

Kendati pun Indra juga cowok impian Kezia, namun menaklukkan hati Kezia yang saat ini tidaklah mudah. Ia mempunyai kenangan buruk mengenai sebuah ikatan pernikahan. Kedua orangtuanya bercerai saat Kezia berusia 7 tahun. Kala itu, yang Kezia tahu, Ibu dan Ayahnya kerap bertengkar karena Ayahnya ketahuan selingkuh. Setelah Ayahnya mengaku dan meminta maaf, Ibu Kezia tidak  mudah untuk memaafkan. Hingga luka itu tidak dapat mengering dan retaklah rumah tangga kedua orangtua Kezia.


Setelah bercerai, Ayah Kezia melanjutkan studinya di Paris dan bertemu dengan tante Nila, yang kemudian mereka menikah. Namun, tante Nila tidak sendiri, ia telah memiliki anak dari pernikahan sebelumnya, Birava Pandusegara. Kezia pernah bertemu dengan Rava sekali saat menginap di rumah Papa diam-diam, tanpa ijin Ibunya, tentu. Mana mau Ibunya menginjinkan Kezia tinggal di rumah Papa di Sukabumi.

Setelah berpisah lama dengan dengan kedua orangtuanya dan Kezia kembali ke Indonesia. Gak perlu waktu lama, Kezia sudah mendapat pekerjaan dari salah seorang kenalannya yang tahu betul kinerja Kezia. Ia mengajak bekerja membangun sebuah hotel di Kuta, Bali.



Erik, yang mengajak Kezia bekerja dengannya, memperkenalkan Kezia dengan seorang pria, Darius Haryopamungkas. Ia pemilik hotel sebelumnya. Tanpa tawar-menawar yang alot, Darius menjual seluruh hotelnya, namun ia meminta rumah kecil di belakang hotel agar tetap menjadi miliknya. Karena Darius suka sekali menikmati pemandangan langit senja di pinggir garis pantai Kuta, Bali.

Semilir anginnya, membuat Darius lupa bahwa umurnya tidaklah panjang lagi. Ia mengidap sakit jantung bawaan sejak lahir. Dan sudah menjalani berbagai macam operasi sejak bayi hingga dewasa. Hingga operasi yang besok harus ia jalani adalah transplantasi jantung. Itupun harus menunggu hingga Darius menemukan donor jantung yang pas. Juga biaya operasi yang gak murah.

"Kalau boleh memilih, aku lebih suka mati ketika sedang duduk di pantai."


"Aku juga." kata Kezia mantap.
"Tapi kalau operasi bisa menambah waktumu duduk di pantai, kenapa menolak operasi?"



Terhenyak.

Sejak kenal Kezia, Darius merasakan gairah hidupnya kembali. Baru kali ini ia merasa dihargai sebagai manusia, bukan dikasihani seperti kebanyakan orang yang kenal dengannya.

"Kalau aku tidak jadi menjual hotelku, kamu mau jadi istriku?" 

Begitulah cara Darius menarik hati Kezia. Dan Kezia yang tadinya gak percaya dengan ikatan pernikahan, mendadak tertarik dengan seorang pria sampai-sampai ia tidak takut lagi untuk terikat dengannya.

Dengan Darius, Kezia merasa dihargai, disayangi dan memiliki perasaan yang sama, yaitu dikekang oleh kedua orangtua semasa kecil. Kalau Darius karena memang sakit dan lemah tubuhnya, hingga ia tidak diperbolehkan beraktivitas fisik yang terlalu melelahkan, kalau Kezia, karena Ibunya yang terlalu perfeksionis. Menuntut segalanya yang terbaik untuk anak perempuan satu-satunya.

Tak berapa lama, pernikahan Darius - Kezia pun dilakukan. Dan kebahagiaan mereka memang terpancar dari penampilan Kezia yang semakin menarik dan senyum Darius yang selalu terkembang. Darius tetap tidak melakukan apa-apa, ia hanya mengetik sajak di laptop kesayangannya setiap kali duduk-duduk di pantai Kuta.

Hingga saat tranplantasi tiba...
Dan Darius khawatir tidak mampu melihat istrinya lagi...

Perjuangan Darius melewati dan beradaptasi dengan jantung barunya memang berat. Namun berhasil dilalui. Dan kesehatan Darius berangsur membaik, hingga ia memberanikan diri mengajak istrinya berbulan madu ke Santorini, Yunani.



Sepulangnya dari perjalanan, kondisi Darius kian menurun. Hingga harus dilarikan ke rumah sakit. Dan dokter sudah memberi prediksi, "Pak Darius hanya mempu bertahan beberapa hari, Bu."

Darius dengan kuat hati, ingin pulang. Ia sungguh tak mau mati di ranjang rumah sakit. Ia ingin mati di sisi orang yang dikasihinya dan dalam pelukan Pantai Kuta, tempat yang disukainya.

"Akan ada sorang laki-laki yang menggantikanku, sayang...
Aku berjanji...akan mengirimkannya untukmu."

Itulah pesan Darius untuk terakhir kalinya.

"Selamat jalan, Suamiku..." ucap Kezia sambil tersedu.

Suami seperti apa yang dikirimkan Darius?
Dan apakah Kezia mengenali sosok lelaki yang dikirimkan mendiang suaminya?

Terharuuu aku saat baca novel ini.
Sungguh tak menduga akhir bahagia yang akan dijalani Kezia. Karena sesudah ditinggal suaminya, Ayahnya pun meninggal. Dan Kezia dengan berat hati mesti menjalani hari-harinya sebagai janda, dimana dengan mudah lelaki menggoda dan melamarnya.

Tapi Kezia mendapat yang terindah di akhir kisahnya. Lelaki yang memang sudah ia sayangi jauh sebelum ia mengenal cinta.

Mereka saling mencintai bahkan ketika kata cinta sendiri belum hadir dalam kamus mereka. Cinta mereka begitu dalam dan indah.


Buku Mira W selalu sukses membuatku terpana dengan endingnya. Berkelok dan penuh kejutan. Bahagia yang tak biasa. Justru inilah yang membuat buku-buku Mira W hidup dengan nyawa penulisnya. Dan selalu dipenuhi istilah kedokteran. Bagi pembaca awam sepertiku, ini justru membuatku kaya.

Baca juga 


Apakah sahabat lendyagasshi suka dengan karya-karya Mira W juga?



with love,

39 comments:

Mugniar said...

Ih kasih bocoran dong Mbak Len, siapa yang dikirim suaminya untuk Kezia? Apakah lelaki yang disebutkan namanya di awal tadi?

Desri Desri said...

apakah kezia mampu menggantikan posisi mendiang suaminya? ada lanjutannya kah teh?

nchie hanie said...

FAmiliar banget Mira W ini, dulu waktu sekolah sering di suruh bikin sinopsis karya2 beliau, lupaaa judulnya apaa..

Demia - @deemiiaa said...

jadi kepo deh kaan sama lanjutanya hihihi, btw aku belum pernah baca karyanya mbak Mira W, jadi pengen cari tau ada buku apa lagi hihihi

Uniek Kaswarganti said...

Aku jadi ingat film PS I Love You yang ada Gerard Butler. Ya kayak gini, dia meninggal duluan dan membimbing istrinya untuk mendapatkan pengganti dirinya.

Btw siapa sih pengganti suami Kezia ini? Penasaraneuy.

t h y a said...

kok sedih sih, penasaran endingnya tapi ku gak sempet mau baca juga novelnya.. hihi.. kasih bocoran dong mbaa.. wekekek..(dasar aku)

Winda - dajourneys.com said...

baca spoilernya kok jadi kepo sama lanjutannya hahahaa WFH bikin jadi banyak waktu buat baca2 ya teh :)

Jeanette Agatha said...

Aku suka bacaann seperti ini. Jadi mau baca juga, soalnya kepo banget akhirnya gimana. Gimana caranya bisa dapetin e-booknya teh?

iidyanie said...

Jadi kepo siapa pria pilihan suaminya, apa cinta pertama kezia ya? Dulu pernah baca novel Mira W, memang cerita cintanya gak pernah fail di hati pembaca ya mba :)

YSalma said...

Aku dulu pelahap novel Mira W juga, udah ga hapal judul-judulnya. Membaca review ini jadi ingin membaca karya-karya beliau lagi.
Penasaran, siapakah gerangan lelaki pilihan suami Keiza itu?

Dewi Rieka said...

Aku juga jadi makin rajin baca buku nih setelah masa Corona, bikin penasaran deh ceritanya Mbak siapa dong suaminya huhu, jadi pengen daftar anggota ipusnas juga deh

Juliastri Sn said...

Duh, karya-karya Mira W memang selalu berhasil mengaduk-aduk perasaan dan membuat penasaran. Jadi pengin baca euy..

Inda Chakim said...

Wow, Mira W. Selalu reviewnya mbk lend bikin pinisirin pakek banget. Catet ah judulnya, semoga aku bisa segera baca.

indahjuliarti.com said...

Judulnya aja menegangkan tuh menurut aku kak, suami pilihan suamiku. Baru tau aku ada yang bahas seperti inj. Kepo nih sama ceritanya, luar biasa memng hati yah kak

Afifah said...

Mira W salah satu penulis Indonesia sejak zaman dulu, ya? Beliau aslinya dokter? Kayaknya memang pernah dengar karya beliau kental nuansa kedokteran.

Ophi Ziadah said...

Wiih ceritanya berliku dan bikin hati ikutan teroikat...
Kayaknya klo di film kan seru nih mba hehehe...
Btw siapakah diaaa

Efi Fitriyyah said...

Huaaa aku kok jadi pengen baca.Jadi pilihannya Darius buat Kezia siapa, ya? Apakah Indra? Hihihi
Saat lebih banyak di rumah aku juga jadi lebih rajin (((rajiiin))) baca buku

Lidya Fitrian said...

ini jaman aku sekolah & kuliah suka baca bukunya Mira W. kayanya masih ada tersisa 1 nih hehehe tapi yg ini aku belum pernah baca. Bisikin atuh siapa laki-laki yang dikirim Darius buat Keisa?

Herva Yulyanti said...

Teh serius link ebook dari penerbit? Kalau iya mau soale banyak juga ebook ilegal kasian penulis hingga penerbitnya ga dpt apa2 dg adanya ebook gratis ini...

Okti Li said...

Beberapa hari lalu di group penulis heboh ngobrol tentang ebook yg ilegal dan merugikan para penulis. Teteh bilang ada link dari penerbit? Boleh minta informasinya?

Lidha Maul said...

Ih kenapa sih klo ngereview bagus banget. Jadi pengen baca juga kisah kezia ini. Suka juga kalau hepi ending.

Ainhy Edelweiss said...

Cakep banget cara mba lendy mereview deh serasa baca novel itu senditi tp bikin penasaran huhu, ini ebook kan yah, ada di ipusnas gak yah, penasaran sama sosok yang dicintai Kezia

Rach Alida Bahaweres said...

Dulu banget baca buku Wira W dan semarang udah lama ngga. Kan sedih ya. Hiks. Palinh sering pinjam di penyewaan buku. Tapi penasaran mau nyobain ini ah.

Nanik nara said...

Aku suka karya-karya mira W, dulu pas jaman SMA sering baca di perpustakaan sekolah. Jadi kangen baca2 novel karyanya lagi

Caroline Adenan said...

Karya2 Mira W emang bagus2 ya
Btw, Mira W belum ada ebooknya ya?

echaimutenan said...

Lucuuu templateeenyaaaa😍😍😍
Tapi aku belum pernah baca. Ini templatenya dijadikn seluler jangan lupaaa
Lucu banget headernya

Hidayah Sulistyowati said...

Duh duhhh, jadi baper deh baca kisah Kezia, Len
Aku kayaknya belum baca novel Mira W yang ini, penasaran kan jadinya gimana akhir kisah Kezia. Sama saudara tirinya ya, hihii

Herva Yulyanti said...

Aku kenal Mira W dari mendiang ibu kebetulan beliau penyuka novel karya Mira W namun aku baru jatuh cinta suka dg karyanya saat SMA mungkin krn sdh ngerti heheh

Ria Rochma said...

Membaca ulasan drama dan ulasan buku ala Lendy, memang beda banget feelnya. Keduanya aku suka.. keduanya ya memang ala Lendy. Satunya blak-blakkan ceria, satunya kalem tapi nancep di hati

Widyanti Yuliandari said...

Buku ini rasanya terkenal bgt deh. Kok Aku lupa ya udah baca apa belum

Naqiyyah Syam said...

Kepo deh Mbk. Aku belum pernah baca Novel Mira W, senang juga kalau ada alternatif bacaan ya. Jadi pengen download iPunas lagi

Nathalia Diana Pitaloka said...

Saya belum pernah baca buku mira w nih, huhu... Yang ini menarik banget ya, kebayanh bacanya bakal bikin emosi naik turun...

Uniek Kaswarganti said...

Mira W ini dulu bacaan kakakku. Beliau 7 tahun lebih tua dari aku hehehe... Setelah remaja aku kadang ikutan baca juga, hanya kayaknya kurang cocok dengan kesukaanku. Dulu kan aku sukanya buku-buku Enid Blyton. Yang petualangan gitu lah pokoknya. :)

Diah Kusumastuti said...

Ya Allah.. Mira W... Aku dulu kadang baca buku-bukunya pas masa SMP. Tapi kayaknya belum pernah baca judul di atas. Judulnya bikin penasaran yaa.. dan ternyata begitu cuplikan ceritanya. Seru juga ya sepertinya.
TFS, Mbak :)

Sapti nurul hidayati said...

Bagusnya...ini bacanya juga dari e book kah mb? Duhh..jadi pengen baca juga. Pengen tahu liku-likunya hingga akhirnya bahagia...seneng kalau baca cerita yang hepi ending

Nyi Penengah said...

AKu belum pernah baca karya Mira W mba Lend, jadi penasaran wkkwkw soalnya aku sukannya genre teenlit tapi dibaca ya buat belaajar. Apalagi bikin kamu terharu dan sebagainya.

Ila Rizky said...

aku penasaran sama cerita novel ini, teh. kisah di novel mira w mirip-mirip ya, rata-rata alurnya tentang penderitaan perempuan dan ada hubungannya sama kedokteran. apa karena penulisnya punya background kedokteran juga ya?

Nur Aziz said...

salam perkenalan dari seberang sahabat. suka membaca disini. izin follow ya trimas

Eviindrawanto.Com said...

Memang Luka dari broken home itu tidak gampang sembuh ya mbak. Pasti akan terpengaruh dan terbawa sampai dewasa. Ketika tiba saatnya untuk memilih pasangan hidup, kenangan buruk di masa lalu pasti ikut mana nggarai. Untunglah Kezia dapat Darius yang baik. Bahkan dia pun mencarikan suami untuk Kezia sepeninggalnya dari dunia

Post a Comment

 

Bacaan lendyagasshi Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review